Memperkenalkan Schoolmap Dinas Pendidikan Pontianak

Hosting Unlimited Indonesia

Jumat, 09 September 2016

Memperkenalkan Schoolmap Dinas Pendidikan Pontianak


Schoolmap merupakan salah satu produk andalan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak dalam menghimpun data satuan di setiap sekolah dari tingkat PAUD, Sekolah Dasar, SMP dan SMA. Dengan adanya schoolmap, maka pemetaan sekolah bersama data-data dan informasi yang dibutuhkan oleh Dinas dapat diperoleh dengan cepat dan efektif. Schoolmap Dinas Pendidikan Pontianak dirilis pada tahun 2010 di mana tahun sebelumnya masih dalam tahap pembangunan website dan sistem. Setelah melalui berbagai tahap, maka schoolmap tampil semakin lebih baik dari tahun ke tahun. Saat ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pontianak telah bekerja dengan dinas lainnya dalam menghimpun data update pada setiap aspek misalnya Dinas Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan, Dinas Perpustakaan Daerah hingga Badan Statistik Nasional. 

Schoolmap Dindikptk sendiri dioperasikan oleh seorang operator yang bertugas sebagai ujung tombak dari sukses tidaknya penghimpunan data. Maka dari itu, tanpa peran serta seorang operator yang sungguh-sungguh penting dalam memahami sistem schoolmap serta perkembangannya. Maka dari itu penulis yang juga merupakan salah satu operator schoolmap di Sekolah Dasar Swasta Katolik Marie Joseph Pontianak Kota berinisiatif membantu para operator khususnya operator pemula untuk mengenal dan menggunakan schoolmap dengan baik.

Untuk mengakses sistus Schoolmap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak anda dapat mengetikkan alamat website http://schoolmap.dindikptk.net. Maka akan ditampilkan halaman muka seperti berikut:

Tampilan Muka Schoolmap Dinas Pendidikan Kota Pontianak














Untuk masuk ke dalam situs schoolmap, ada dua hal yang dibutuhkan. Pertama adalah ID Pengguna dan Sandi. Untuk mendapatkan ID Pengguna dan Sandi, anda harus menghubungi bagian ICT Dinas Pendidikan di Lantai 3 yang beralamat di Jalan Dr. Sutoyo. Untuk ID Pengguna pertama-tama biasanya diberikan ID Pengguna melalui NPSN dan sandi default masing-masing tingkat. Contohnya: TK maka sandi defaultnya adalah tk123 (menggunakan huruf kecil). Jika sudah memiliki ID Pengguna maka masukkan ID tersebut pada kolom yang telah disediakan. 

Masukkan ID Pengguna dan Sandi





Tampilan muka setelah masuk ke sistem













Terdapat 5 (lima) tombol utama untuk schoolmap yaitu Daftar Update, Rekap Data, Unduh, Impor Data, dan Verval Data.
Daftar Update berisi daftar sekolah-sekolah yang telah mengupdate datanya di schoolmap. Kita bisa melihat ada warna-warni yang menandakan status update dari suatu sekolah dalam mengolah data di schoolmap. 

Keterangan warna hijau tua artinya data telah valid, hijau muda artinya berhasil impor tetapi belum verval, warna merah artinya ada error, warna hitam artinya ada yang belum impor dan warna biru artinya belum impor data.

Tampilan Daftar Update













Menu rekap data merupakan rekapitulasi data yang telah dimpor oleh operator baik yang berhasil ataupun tidak saat diimpor. Tampilan ini hanya dapat dilihat oleh admin operator setiap sekolah maupun admin yang berada di ICT.

Tampilan Rekap Data













Di bagian Unduh, data-data unduhan yang telah diimpor oleh operator disimpan secara digital file excelnya. Bagian ini dapat membantu operator untuk mengambil data setiap tahunnya dan tidak melakukan pekerjaan ganda dengan harus mengetik ulang tetapi cukup dengan meng-copy paste saja data-data lama ke format yang baru.

Tampilan Unduh








Tampilan Verval data menujukkan data-data yang telah diinput serta bagian-bagian yang bertanda kuning maupun hijau. Tanda kuning berarti data tersebut perlu dikonfirmasi oleh Kepala Sekolah untuk kebenaran data sedangkan tanda hijau berarti data telah diverifikasi oleh operator sesuai persetujuan kepada sekolah. Tetapi untuk versi 2016, ICT telah membuat pembaruan sistem di mana akan dilakukan pengecekkan data secara manual sehingga mengantisipasi data fiktif atau data tidak benar.

Tampilan Verval data













Bagian ini adalah khusus operator data di mana data-data umum operator dimasukkan sebagai pengelola resmi yang ditunjuk oleh Sekolah.


Profil Pengguna















Demikianlah perkenalan Schoolmap Dinas Pendidikan Pontianak semoga dapat membantu teman-teman operator sekalian. Salam satu data Pontianak!

0 komentar :

Posting Komentar